Cara Alami Meninggikan Badan

Cara Alami Meninggikan Badan - Menambahkan tinggi badan terkadang menjadi hal yang membingungkan. Meski ada beberapa cara untuk menambahkan tinggi badan, jangan tergoda dengan iklan obat atau suplemen yang mengklaim bisa merangsang pertumbuhan tinggi badan. Apalagi jika tertulis adanya hormon pertumbuhan yang terkandung di dalam suplemen tersebut. Pasalnya, hormon pertumbuhan hanya dapat diberikan dalam bentuk suntikan bukan tablet atau sirup. Selain itu ada efek samping yang berbahaya bagi tubuh Anda.

Tinggi badan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Berikut ini cara meninggikan badan secara alami
Cara Alami Meninggikan Badan, cara alami meninggikan badan tanpa efek samping, cara meninggikan badan yang paling cepat, obat peninggi badan cepat di apotik, cara meninggikan badan dengan cepat dalam waktu 2 minggu, cara meninggikan badan secara alami dalam 1 minggu, cara meninggikan badan alami, cara meninggikan badan secara alami dan cepat, cara meninggikan badan usia 17 tahun, olahraga bagaimana cara meninggikan badan, cara alami meninggikan badan, tanpa efek samping, meninggikan badan tanpa efek samping

Cara Alami Meninggikan Badan

Pertumbuhan tinggi badan seseorang dimulai dari sejak remaja. Pada pria, masa pertumbuhan dimulai sejak usia 11 dengan puncak masa pertumbuhan di usia 13 tahun. Sedangkan pada wanita, masa pertumbuhan dimulai sejak usia 9 hingga 10 tahun dengan masa puncak di usia 11 hingga 12 tahun. Masa pertumbuhan ini akan berakhir pada akhir masa pubertas.

Oleh karena itu, sebelum pertumbuhan berhenti, lakukan beberapa cara di bawah ini untuk menambahkan tinggi badan:


Olahraga

Selain membuat tubuh sehat dan bugar, rutin melakukan olahraga diduga juga bisa membantu dalam menambah tinggi badan. Rutinlah melakukan olahraga yang bisa menambah tinggi badan seperti lompat tali, lari, mengendarai sepeda, basket, atau sepak bola.

Tidur cukup

Jangan tidur larut malam. Selain bisa membuat mengantuk di keesokan harinya, tidur larut malam dan kurang dari 9 jam (untuk usia remaja dibawah 20 tahun) bisa memperlambat pertumbuhan. Kenapa? Karena pada saat tidur, tubuh secara otomatis memproduksi hormon pertumbuhan atau HGH. Sebaiknya tidur lebih awal agar bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup yaitu 9 hingga 10 jam.

Makanan sehat

Olahraga dan tidur yang cukup bisa jadi percuma jika makanan yang dikonsumsi tidaklah sehat. Berhentilah mengosumsi makanan yang tidak sehat seperti kue-kue yang terlalu manis, soda dan pizza serta makanan siap saji lainnya.

Mulailah mengonsumsi makanan sehat yang mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang seperti susu, bayam, kubis, ikan, jamur, brokoli. Selain kalsium dan vitamin D, konsumsi juga makanan yang mengandung protein tanpa lemak seperti daging ayam, sapi, ikan serta makanan yang mengandung zinc seperti kepiting, labu, kacang.


Jauhi hal-hal yang bisa memperlambat pertumbuhan tinggi badan

Hindari merokok, sebagian penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang merokok baik aktif maupun pasif memiliki tubuh yang lebih pendek dibandingkan mereka yang tidak merokok. Selain itu, obat atau suplemen yang mengandung steroid juga bisa menghambat pertumbuhan. Studi menunjukkan bahwa penggunaan inhalasi yang mengandung steroid pada anak-anak selama satu tahun dapat menghambat pertumbuhan. Jika Anda memang harus menggunakan obat yang mengandung suplemen, pastikan dosisnya tidak terlalu tinggi dan sesuai dengan anjuran dokter.

Selain steroid dan rokok, hindari juga kafein. Meski studi menunjukkan bahwa kafein tidak menghambat pertumbuhan, namun efek dari kafein bisa membuat sulit tidur.

Cara Memperkirakan Maksimal Tinggi Badan

Kurangnya tinggi badan seseorang bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, kurangnya asupan gizi, penyakit kronis, dan genetik. Untuk mengetahui tinggi badan maksimal yang mungkin bisa dicapai, bisa dilakukan dengan menghitung tinggi badan kedua orangtua. Berikut ini adalah cara untuk menghitung perkiraan tinggi tubuh anak.


Menghitung perkiraan tinggi badan maksimal anak perempuan


(tinggi ayah – 12.7 cm + tinggi ibu) dibagi 2.


Menghitung perkiraan tinggi badan maksimal anak laki-laki


(tinggi ibu + 12.7 cm + tinggi ayah) dibagi 2.

Tinggi badan seseorang bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri orang tersebut. Lakukan beberapa cara alami di atas untuk menambah tinggi badan selama masih dalam masa pertumbuhan dan hindari beragam obat yang mengklaim bisa meningkatkan tinggi badan.


Terimakasih sudah berkunjung !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Alami Meninggikan Badan"

Post a Comment